Pasraman Jnana Sila Bhakti Batam

Persembahyangan Galungan

ADA TRIO NAGA.........

Rabu 1 Pebruari 2012, Hari Raya Galungan. Hari ini merupakan peringatan atas terciptanya alam semesta beserta isinya dan kemenangan dharma melawan adharma. Umat Hindu melakukan persembahan kehadapan Sang Hyang Widi dan Dewa/ Bhatara dengan segala manifestasinya sebagai tanda puji syukur atas rahmatnya serta untuk keselamatan selanjutnya. Sedangkan penjor yang dipasang di muka tiap-tiap perumahan merupakan persembahan kehadapan Bhatara Mahadewa yang berkedudukan di Gunung Agung.

Memasuki areal Pura Agung Amerta Bhuanadi sei ladi, terasa seakan berada di pulau Dewata. Penjor dan umbul-umbul menghiasi setiap sudut halaman Pura. Dari pengeras suara terdengar geguritan yang tidak asing lagi kita dengar atau barang kali ini satu-satunya kaset  yang tersisa di rak sound system, yaitu geguritan I cupak gerantang. Sebagian umat sibuk mempersiapkan sarana persembahyangan. Jumlahumat yang dating untuk mengikuti persembahyangan tidaklah sebanyak saat hari Galungan sebelum-sebelumnya. Tokoh-tokoh umat juga banyak yang tidak tampak hadir dalam persembahyangan tersebut.

Rangkaian persembahyangan diawali dengan pembacaan sloka oleh anak-anak Pasraman. Dan selanjutnya dharmawacana yang mengulas tentang makna hari raya Galungan serta sejarahnya dibawakan oleh I Wayan Catrayasa. Diakhir dharmawacananya secara pribadi Wayan Catrayasa menyerahkan bingkisan kepada sejumlah umat atau keluarganya yang secara tulus mengabdikan dirinya di Pura Agung. Yang mendapat bingkisan adalah Jero Mangku Putu Satriayasa, Jero Mngku Agung Arif, Wayan Marda, Agung Ari.

Di akhir persembahyangan, dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya WHDI mengadakan acara fashion show bagi anak-anak usia PAUD yaitu lomba pakaian sembahyang. Anak-anak cukup antusias mengikuti lomba dengan masing-masing karakter dan gayanya. Tak terduga ada Trio Naga ikut lomba, 3 anak 2-3 tahun dengan tinggi dan gaya polos yang sama. Tentu belum ngerti apa itu lomba, hanya ngikutin arahan pembawa acara. Namun begitu diumumkan yang jadi juara, ternyata Trio Naga mendapat juara Favorit.

Selamat Hari Raya Galungan.